You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan PENGASIH
Kalurahan PENGASIH

Kap. Pengasih, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

SELAMAT DATANG DI WABSITE RESMI PEMERINTAH KALURAHAN PENGASIH, KAPANEWON PENGASIH, KABUPATEN KULON PROGO -

Bunzanah Amd.Keb (Bidan di UPTD Puskesmas Pengasih I) :PENGUATAN GEMPITA KB MENUJU PENINGKATAN PELAY

Administrator 17 Februari 2020 Dibaca 846 Kali

Program keluarga berencana (KB) adalah upaya mengatur kelahiran anak, jarak dan usia ideal melahirkan, mengatur kehamilan, melalui promosi, sesuai dengan hak reproduksi untuk mewujudkan keluarga yang berkualitas.

KB merupakan salah satu strategi untuk mengurangi kematian ibu khususnya ibu  dengan kondisi 4T; terlalu muda melahirkan (di bawah usia 20 tahun), terlalu sering melahirkan, terlalu dekat jarak melahirkan, dan terlalu tua melahirkan (di atas usia 35 tahun), 30-50% kematian ibudapat dicegah apabila program KB dimanfaatkan dengan baik dan menggunakan kontrasepsi yang tepat. Sejalan dengan 5 program prioritas nasional yang salah satunya adalah untuk menurunkan angka kematian ibu dan angka kematian neonatus. Hasil capaian kegiatan pelayanan program KB di UPTD Puskesmas Pengasih I tahun 2016 yang tidak tercapai pada indikator program dan kinerja membutuhkan strategi dan inovasi agar indikator program KB dapat tercapai. Inovasi Gempita KB  merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan pelayanan KB dan meningkatkan pencapaian hasil kegiatan program KB di UPTD Puskesmas Pengasih I. Gempita KB diawali kegiatan pada bulan Agustus 2017, kemudian disyahkan sebagai inovasi UPTD Puskesmas Pengasih I pada bulan maret 2018. Inovasi ini melibatkan peran serta kader dalam upaya memberikan kie dan mengantar menunggui saat pelayanan sampai pulang kembali, peran petugas disini adalah melakukan koordinator kegiatan memberikan bekal kie tentang program KB pada kader gempita.Dukungan dari desa untuk inovasi gempita KB berupa penganggaran biaya pasang KB metode MKJP bagi akseptor baru yang tidak mempunyai jaminan. Penetapan SK camat kecamatan Pengasih pada bulan Januari 2019 merupakan dukungan yang nyata bagi inovasi GEMPITA KB. 

Inovasi Gempita KB mampu meningkatkan capaian hasil pelayanan kegiatan KB pada terutama pada KB pasca salin terdapat peningkatan yang cukup signifikan yaitu dari 15,23 % pada tahun 2016 menjadi 25,71 % pada tahun 2019, meskipun sudah ada kenaikan inovasi gempita ini masih perlu untuk dikembangkan lagi agar hasil kegiatan dapat melampui target. Untuk itu dikembangkan aplikasi Kencana PassalinKU untuk memantau KB pascasalin pada ibu post partum sampai nifas hari ke 42 (Bunzanah Amd.Keb)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image