You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan PENGASIH
Kalurahan PENGASIH

Kap. Pengasih, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

SELAMAT DATANG DI WABSITE RESMI PEMERINTAH KALURAHAN PENGASIH, KAPANEWON PENGASIH, KABUPATEN KULON PROGO -

Masyarakat Derwolo Makamkan Jenazah Covid secara Mandiri

Administrator 03 Desember 2020 Dibaca 1.236 Kali
Masyarakat Derwolo Makamkan Jenazah Covid secara Mandiri

Kiranya patut menjadi contoh.Adanya kesadaran yang tinggi dari keluarga  almarhum Pangin Supiyono maupun Masyarakat Derwolo, Kalurahan Pengasih; protokol pemakaman Covid-19 dapat dilaksanakan dengan tertib dan mandiri oleh masyarakat setempat.Proses pemakaman Covid secara mandiri itu merupakan yang pertama kalinya dilaksanakan di Kalurahan Pengasih setelah Pemerintah Daerah menyerahkan pemakaman Covid kepada masyarakat mulai Desember 2020. 

Jenazah warga Derwolo, Pangin Supiyono yg sebelumnya terpapar Covid dan dirawat di RSUD Wates meninggal dunia pada hari Rabu 2 Desember 2020 sekitar pukul 12.00.informasi dari pihak keluarga kemudian diteruskan ke Gugus Tugas Covid 19 Kalurahan Pengasih dan kemudian langsung dikonsultasikan ke Kantor BPBD Kulon Progo.
 
Akhirnya sore itu juga dengan bimbingan BPBD Kulon Progo dan koordinasi dengan instansi lintas  sektor seperti PMI, Pemerintah Kapanewon Pengasih,Koramil,Polsek,Tagana; warga Pedukuhan Derwolo berhasil memakamkan almarhum Pangin Supiyono di Makam Dirowangsan,Derwolo dengan lancar dan selamat.Sebelumnya atas persetujuan keluarga, demi mengikuti protokol kesehatan jenazah dari RSUD Wates langsung dibawa ke Pemakaman tanpa disemayamkan di rumah duka.

Dengan dipandu langsung para  personel dari  PMI dan BPBD yang didampingi langsung Kepala BPBD Kulon Progo, Ariadi 8 relawan warga Derwolo yang dikoordinir Kaum Rois setempat  Kardi dan Supri Dadiyo dengan tertip menjalankan instruksi para pendamping.Dengan tertip para relawan dibriefing dan dibantu cara mengenakan wearpack, sepatu boot,masker, faceshield, kaos tangan hingga urutan penanganan peti jenazah sampai liang lahat.

Selain Kepala BPBD, turut menunggui prosesi pemakaman Covid di Makam Dirowangsan,Lurah Pengasih Djoko Purwanto,Staf Kapanewon Pengasih Maryono,Babinsa Serma Budi Santoso, Babinkamtibmas Aipda Djumadi dan Jagabaya Kalurahan Pengasih Priya Haryana.

Koordinator Relawan Tagana,Wahono yang ikut terlibat di tempat pemakaman mengatakan bahwa  keguyuban dan kesetiakawanan warga Derwolo menjadi kunci lancarnya prosesi pemakaman perdana Covid -19 secara mandiri.( Har)

"salam buat keluarga besar Pa De SYAMSUDIN ( PDIP tahun 1999 )
Rochmat Wahyu Aji 08 Maret 2021
Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image