You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan PENGASIH
Kalurahan PENGASIH

Kap. Pengasih, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

SELAMAT DATANG DI WABSITE RESMI PEMERINTAH KALURAHAN PENGASIH, KAPANEWON PENGASIH, KABUPATEN KULON PROGO -

Desa Pengasih Sabet Dua Piala Sekaligus dalam Gelar Potensi Rintian Desa Budaya

Administrator 25 Agustus 2019 Dibaca 607 Kali

Pengasih - Sabtu 24 Agustus 2019 Desa Pengasih memperoleh Juara Penyaji Terbaik  II dengan total nilai 1350 serta Juara Artistik Terbaik di Gelar Potensi Rintisan Desa Budaya Dinas Kebudayaan Kabupaten Kulon Progo Tahun 2019. Dewan Juri dari kalangan profesional  terdiri dari Dra. Setyastuti, M. Sn selaku ketua, RM Donny Surya Megananda, S. Si, MBA selaku sekretaris dan Warsana, S. Sn., Sari Fajarini Nainggolan dan Joko Mursito, S. Sn., MA.  Dari hasil Penilaian Penyaji  Terbaik I diraih oleh Desa Hargotirto  dengan  nilai 1363, Penyaji Terbaik II Desa Pengasih dengan nilai 1350, Penyaji Terbaik III dengan nilai 1244 diraih Desa Hargowilis, Penyaji Terbaik IV Desa Banjararum dengan nilai 1217 dan Penyaji Terbaik V desa Kaliagung  dengan nilai 1205 serta Artistik Terbaik dimenangkan oleh Desa Pengasih.

Desa Pengasih mengusung  tema kearifan lokal asli Desa Pengasih yaitu Sumur Gedhe yang berada di Pedukuhan Ngento. Sumur Gedhe merupakan sumur yang dianggap bertuah oleh masyarakat disekitarnya, sumur ini memiliki keistimewaan dimana airnya tidak pernah keri meskipun pada musim kemarau panjang. Oleh karena itu Desa Pengasih sepakat mengangkat tema ciri khas Desa tersebut dengan judul Memetri Sumur Gedhe.

Penampilan Desa Pengasih pada Kamis 22 Agustus 2019 sebagai Penampil kedua suskses mencuri perhatian juri dan penonton yang hadir. Konsep yang disajikan sederhana namaun berkelas dengan  Narasi oleh Jaka Budiarto sekaligus Ketua Rintisan Desa Budaya Pengasih, Penata Gerak oleh Ibu Narsih, Penata Busana oleh Ibu Ari Hargiatmi dan Pengarah Artistik Damar Pradewa dan penata Iringan Detri. Peserta bersal dari semua lapisan masyarakat di Desa Pengasih mualai dari unsur perangkat desa, BPD, tokoh masayarakat, kelembagaan desa, desa rintisan budaya, paguyuban jemparingan langen progo, sanggar seni dan unsur lainnya, peserta mulai dari usia dini sampai dengan dewasa. (Ing)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image