You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan PENGASIH
Kalurahan PENGASIH

Kap. Pengasih, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

SELAMAT DATANG DI WABSITE RESMI PEMERINTAH KALURAHAN PENGASIH, KAPANEWON PENGASIH, KABUPATEN KULON PROGO

PERPUSTAKAAN GEMA ASIH BERSEMANGAT UNTUK MENINGKATKAN LITERASI MASYARAKAT

Administrator 03 Juli 2024 Dibaca 22 Kali
PERPUSTAKAAN GEMA ASIH BERSEMANGAT UNTUK  MENINGKATKAN LITERASI MASYARAKAT

Pengasih_Mulai Selasa, 2 Juli 2024 lalu pengurus Perpustakaan Gema Asih Kalurahan Pengasih melakukan inventarisasi ulang bahan pustaka. Kegiatan ini diperlukan untuk memastikan bahwa bahan pustaka yang tersedia selaras dengan kebutuhan masyarakat saat ini serta mewujudkan tertib administrasi. Di samping itu, adanya beberapa paket literasi yang merupakan donasi dari pihak Universitas Yogyakarta juga perlu dipilah dan dilakukan pendataan untuk memudahkan kategorisasi serta mengetahui update jumlah bahan pustaka yang dimiliki. Adanya tambahan buku baru dengan beragam kategori ini tentu akan memperkaya sumber informasi untuk meningkatkan literasi masyarakat.

Guna melaksanakan salah satu strategi dalam Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS) berupa Peningkatan Layanan Masyarakat, pengurus juga akan menyalurkan beberapa buku yang sudah dipilah ke masing-masing padukuhan. Inisiasi semacam ‘jemput bola’ ini dilakukan untuk mendekatkan akses perpustakaan bagi masyarakat atau pemustaka. Mengingat bahwa minat baca dan minat kunjung masyarakat ke perpustakaan masih kurang, sehingga diharapkan penyediaan buku ini dapat memudahkan akses serta meningkatkan minat baca masyarakat melalui Pojok Baca di tiap padukuhan.

Langkah yang diambil tersebut juga ditujukan untuk turut melaksanakan strategi TPBIS yang lain yaitu Promosi dan Publikasi mengenai keberadaan Perpustakaan Gema Asih Kalurahan Pengasih. Ketika masyarakat merasa perlu untuk bisa mendapatkan lebih banyak referensi buku, maka mereka dapat berkunjung ke perpustakaan. Sebab tak hanya sekadar melakukan peminjaman buku saja, tetapi ke depannya Perpustakaan Gema Asih juga akan melakukan beberapa program/kegiatan yang mendukung agar perpustakaan dapat menjadi Community Learning Center. (LH)

 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image